.

Enkripsi

Enkripsi
Enkripsi dikenal pada jaman romawi kuno tepatnya ketika Julius Caesar ingin mengirimkan sebuah pesan pada seorang jendralnya di medan perang akan tetapi ia tidak mempercayai si pembawa pesan. Kemudian ia membuat sebuah metode
agar pesan yang ia kirim dapat di sampaikan tanpa diketahui arti dari pesan tersebut oleh seorangpun termasuk si pembawa pesan dengan menggeser tiga kali kekanan semua huruf yang ia tulis dalam pesannya untuk sang jendral misalnya jika ia menulis kata “AKU” dalam pesannya maka ia akan mengenkripsinya menjadi “DNX” dan begitu seterusnya sehingga pesan tersebut tidak dapat terbaca begitu saja.
Lalu bagaimanakah sang jendral tersebut mengetahui pesan yang di tulis Julius Caesar? Tentunya sangatlah mudah karena sang jendral sudah mengetahui bagaimana metode enkripsi yang digunakan Julius Caesar yaitu menggeser semua huruf kekanan tiga kali dan untuk mengembalikan pesan yang terenkripsi tadi sang jendral hanya tinggal menggeser tiga kali semua huruf kekiri, metode pengembalian pesan yang terenkripsi tadi dikenal sebagai ‘Deskripsi’.

Read Users' Comments (1)komentar

1 Response to "Enkripsi"

  1. Helmy says:
    6 Juli 2009 pukul 22.04
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.